APA ITU
ALGORITMA ?
Mungkin kalian
sering mendengar kata ini “Algoritma” tapi tahukah anda apa sih itu
“Algoritma”.???? Nah disini saya akan menjelaskan apa itu Algoritma, Flowchart.
ALGORITMA
Dilihat
dari asal-usul katanya, kata algoritma sendiri penya sejarah yang aneh. Orang
hanya menemukan kata Algoism yang artinya proses menghitung dengan angka arab.
Nah sedangkan algorist itu artinya sebutan untuk anda yang menghitung
menggunakan angka arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun
hasilnya kurang memuaskan, namun akhirnya para Ahli sejarah matematika
menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang
terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi
dibaca oleh orang barat menjadi algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang
berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku Pemugaran dan
Pengurangan.” (The Book Of Restoration and Reduction). Nah dari buku itu kita
juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra).
Perubahan
kata dari algorism menjadi algorithm muncul, karena kata algorism sering
dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm.
Karena perhitungan dengan angka arab sudah menjadi hal yang biasa, maka kata
algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi)
secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Sedangkan dalam Bahasa
Indonesia kata Algorithm diserap menjadi Algoritma.
Dari
penjelasan sejarah kata Algoritma diatas, sekarang saya akan coba memberikan
penjelasan mengenai Definisi Algoritma.
- Algoritma adalah inti dari ilmu komputer
- Algoritma adalah urutan-urutan dari intruksi atau langkah untuk menyelesaikan suatu masalah
- Algoritma adalah blue Print dari Program, yang dimaksud Blue Print itu adalah sebuah sketsa (rancangan) atau sebagai sebuah media promosi.
- Dalam sebuah buku disebutkan Algoritma adalah urutan langkah berhingga untuk memecah masalah logika atau matematika. Rangkaian ini dipakai untuk membantu atau mempermudah dalam pembuatan program komputer.
Dalam
kehidupan sehari-hari sebenarnya kita telah menggunakan algoritma dalam
melakukan berbagai hal. Misalnya saja, Anda ingin Memasak Mie Instan, maka anda
perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut :
- Mempersiapkan Mie yang akan anda Masak
- Mempersiapkan alat masak juga air, dan wadah untuk mie
- Mulai masak
- Naikkan panci dan air keatas kompor
- Nyalakan kompor dan tunggu sampai air mendidih
- Masak mie
- Angkat dan Tiriskan mie kedalam wadah
- Selesai.
Langkah-Langkah
dari nomor 1-8 diatas itulah yang disebut Algoritma. Namun dalam banyak kasus,
algoritma tidak selamanya berurutan sesuai dengan diatas. Terkadang anda harus
memilih dua atau beberapa pilihan. Misalnya saja, jika anda ingin pergi
berbelanja, anda harus bisa menentukan kemana anda akan berbelanja apakah di
pasar tradisional atau di pasar modern (mall). Dalam dunia Algoritma, hal
seperti ini disebut Percabangan.
Dalam
hal lain, ada saat dimana anda harus melakukan langah-langkah tertentu beberapa
kali. Misalnya saja saat anda menulis surat, sebelum memasukkan ke dalam
amplop, mungkin anda mengecek dulu apakah surat tersebut sudah benar atau
belum. Jika belum artinya anda harus menyiapkan kertas kosong dan bersiap untuk
menulis surat lagi. Demikian seterusnya sampai surat Anda sesuai dengan yang
diharapkan. Nah dalam dunia Pemrograman, Hal seperti ini disebut Perulangan.
KRITERIA SUATU
ALGORITMA
- Ada Input atau Output
- Efektifitas dan Efisien
- Terstruktur (sesuai dengan susunannya)
FLOWCHART
Flowchart
adalah diagram aliran suatu kegiatan yang dilambangkan dengan simbol-simbol.
Dalam hubungannya dengan pembuatan program flowchart merupakan kumpulan
instruksi yang digambarkan dalam kode atau simbol tertentu yang menunjukkan
logika pembuat program.
Flowchart
terbagi menjadi 2 yaitu :
·
Program Flowchart
·
System
Flowchart
Program
Flowchart adalah diagram yang mempelihatkan hubungan antara variable dengan
variable atau konstanta dalam penyusunan sebuah program.
Simbol-Simbol
Program Flowchart
System
Flowchart adalah diagram yang menunjukkn hubungan antara peralatan yang
dipakai, program yang digunakan, file yang dioperasikan, nama proses operasi
serta informasi yang ingin dihasilkan. Jadi semua simbol pada program flowchart
dapat dipakai pada system flowchart. Dan ada pula simbol yang lain sebagai
berikut:
Contoh
pemakaian simbol PROGRAM FLOWCHART
Buatlah
Flowchart dan Algoritma untuk mencari Luas dan Kelililng Jajar Genjang.
FLOWCHART JAJARANG GENJANG
Contoh
pemakaian SYSTEM FLOWCHART
Misalnya
dalam pembuatan RAPOR Siswa, diperlukan file data siswa, Data Absensi, Data
Mata Pelajaran, Data Nilai, Data Wali Kelas dan Program RAPOR. Data siswa, data
mata Pelajaran, Data Wali Kelas dan Program Rapor sudah tersedia di Flashdisk.
Sedangkan data nilai diinput secara manual. Data tersebut diproses untuk
menghasilkan RAPOR.
Contoh-Contoh Soal
1.
Buatlah
flowchart dan algoritma yang mula-mula menampilkan pilihan. Jika pilih 1 maka
diarahkan untuk menghitung luas dan keliling “Persegi”, jika memilih 2 maka
diarahkan untuk menghitung luas dan keliling “Persegi Panjang”, jika memilih 3
maka diarahkan untuk menghitung luas dan keliling “Jajar Genjang”, dan jika
memilih 4 maka diarahkan untuk menghitung luas dan keliling lingkaran.
ALGORITMA :
1)
MULAI
2)
OUTPUT 1.Persegi
3)
OUTPUT 2. Persegi
Panjang
4)
OUTPUT 3. Jajar
Genjang
5)
OUTPUT 4.
Lingkaran
6)
INPUT PILIHAN
6.1 Pilihan 1, jika ya :
-Input sisi
- Hitung luas dengan formula L = sisi x sisi =s2
- Hitung keliling dengan formula K = sisi + sisi + sisi +
sisi = s4
- ke langah 7
6.1.2 jika tidak, lanjut ke pilihan “2”
6.2 Pilihan 2,
6.2.1
jika ya :
- input panjang,
lebar
- hitung luas dengan formula L = panjang x lebar
- hitung keliling dengan formula K = panjang + lebar +
panjang + lebar
- ke langkah 7
6.2.2 jika tidak, lanjut ke pilihan “3”
6.3 Pilihan 3,
6.3.1 jika ya :
- input pajang,sisi,tinggi
- hitung luas dengan formula L = panjang x tinggi
- hitung keliling dengan formula K = panjang + sisi +
panjang + sisi
- ke langkah 7
6.3.2 jika tidak, lanjut ke pilihan “4”
6.4 Pilihan 4
-
phi
3,14

-
input R
-
hitung luas dengan formula L = phi x r x r
-
hitung keliling dengan formula K = 2 x Phi x r
7) Cetak
Luas dan Keliling
8) FINISH
0 komentar "KONSEP DASAR ALGORITMA", Baca atau Masukkan Komentar
Posting Komentar