About

KONSEP DASAR ALGORITMA



APA ITU ALGORITMA ?
Mungkin kalian sering mendengar kata ini “Algoritma” tapi tahukah anda apa sih itu “Algoritma”.???? Nah disini saya akan menjelaskan apa itu Algoritma, Flowchart.

   ALGORITMA
Dilihat dari asal-usul katanya, kata algoritma sendiri penya sejarah yang aneh. Orang hanya menemukan kata Algoism yang artinya proses menghitung dengan angka arab. Nah sedangkan algorist itu artinya sebutan untuk anda yang menghitung menggunakan angka arab. Para ahli bahasa berusaha menemukan asal kata ini namun hasilnya kurang memuaskan, namun akhirnya para Ahli sejarah matematika menemukan asal kata tersebut yang berasal dari nama penulis buku arab yang terkenal yaitu Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al-Khuwarizmi. Al-Khuwarizmi dibaca oleh orang barat menjadi algorism. Al-Khuwarizmi menulis buku yang berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang artinya “Buku Pemugaran dan Pengurangan.” (The Book Of Restoration and Reduction). Nah dari buku itu kita juga memperoleh akar kata “Aljabar” (Algebra).
Perubahan kata dari algorism menjadi algorithm muncul, karena kata algorism sering dikelirukan dengan arithmetic, sehingga akhiran –sm berubah menjadi –thm. Karena perhitungan dengan angka arab sudah menjadi hal yang biasa, maka kata algorithm berangsur-angsur dipakai sebagai metode perhitungan (komputasi) secara umum, sehingga kehilangan makna kata aslinya. Sedangkan dalam Bahasa Indonesia kata Algorithm diserap menjadi Algoritma.
Dari penjelasan sejarah kata Algoritma diatas, sekarang saya akan coba memberikan penjelasan mengenai Definisi Algoritma.
  •   Algoritma adalah inti dari ilmu komputer 
  •  Algoritma adalah urutan-urutan dari intruksi atau langkah untuk menyelesaikan suatu masalah 
  •  Algoritma adalah blue Print dari Program, yang dimaksud Blue Print itu adalah sebuah sketsa (rancangan) atau sebagai sebuah media promosi. 
  • Dalam sebuah buku disebutkan Algoritma adalah urutan langkah berhingga untuk memecah masalah logika atau matematika. Rangkaian ini dipakai untuk membantu atau mempermudah dalam pembuatan program komputer.
Dalam kehidupan sehari-hari sebenarnya kita telah menggunakan algoritma dalam melakukan berbagai hal. Misalnya saja, Anda ingin Memasak Mie Instan, maka anda perlu melakukan langkah-langkah sebagai berikut : 
  1.   Mempersiapkan Mie yang akan anda Masak 
  2.   Mempersiapkan alat masak juga air, dan wadah untuk mie
  3.  Mulai masak 
  4. Naikkan panci dan air keatas kompor 
  5. Nyalakan kompor dan tunggu sampai air mendidih
  6.  Masak mie 
  7.  Angkat dan Tiriskan mie kedalam wadah 
  8. Selesai.
Langkah-Langkah dari nomor 1-8 diatas itulah yang disebut Algoritma. Namun dalam banyak kasus, algoritma tidak selamanya berurutan sesuai dengan diatas. Terkadang anda harus memilih dua atau beberapa pilihan. Misalnya saja, jika anda ingin pergi berbelanja, anda harus bisa menentukan kemana anda akan berbelanja apakah di pasar tradisional atau di pasar modern (mall). Dalam dunia Algoritma, hal seperti ini disebut Percabangan.
Dalam hal lain, ada saat dimana anda harus melakukan langah-langkah tertentu beberapa kali. Misalnya saja saat anda menulis surat, sebelum memasukkan ke dalam amplop, mungkin anda mengecek dulu apakah surat tersebut sudah benar atau belum. Jika belum artinya anda harus menyiapkan kertas kosong dan bersiap untuk menulis surat lagi. Demikian seterusnya sampai surat Anda sesuai dengan yang diharapkan. Nah dalam dunia Pemrograman, Hal seperti ini disebut Perulangan.

KRITERIA SUATU ALGORITMA
  • Ada Input atau Output 
  •   Efektifitas dan Efisien 
  •  Terstruktur (sesuai dengan susunannya)

FLOWCHART
Flowchart adalah diagram aliran suatu kegiatan yang dilambangkan dengan simbol-simbol. Dalam hubungannya dengan pembuatan program flowchart merupakan kumpulan instruksi yang digambarkan dalam kode atau simbol tertentu yang menunjukkan logika pembuat program.
Flowchart terbagi menjadi 2 yaitu :
·         Program Flowchart
·         System Flowchart
Program Flowchart adalah diagram yang mempelihatkan hubungan antara variable dengan variable atau konstanta dalam penyusunan sebuah program.
Simbol-Simbol Program Flowchart



System Flowchart adalah diagram yang menunjukkn hubungan antara peralatan yang dipakai, program yang digunakan, file yang dioperasikan, nama proses operasi serta informasi yang ingin dihasilkan. Jadi semua simbol pada program flowchart dapat dipakai pada system flowchart. Dan ada pula simbol yang lain sebagai berikut:



Contoh pemakaian simbol PROGRAM FLOWCHART

Buatlah Flowchart dan Algoritma untuk mencari Luas dan Kelililng Jajar Genjang.

FLOWCHART JAJARANG GENJANG




Contoh pemakaian SYSTEM FLOWCHART

Misalnya dalam pembuatan RAPOR Siswa, diperlukan file data siswa, Data Absensi, Data Mata Pelajaran, Data Nilai, Data Wali Kelas dan Program RAPOR. Data siswa, data mata Pelajaran, Data Wali Kelas dan Program Rapor sudah tersedia di Flashdisk. Sedangkan data nilai diinput secara manual. Data tersebut diproses untuk menghasilkan RAPOR.




















Contoh-Contoh Soal

1.      Buatlah flowchart dan algoritma yang mula-mula menampilkan pilihan. Jika pilih 1 maka diarahkan untuk menghitung luas dan keliling “Persegi”, jika memilih 2 maka diarahkan untuk menghitung luas dan keliling “Persegi Panjang”, jika memilih 3 maka diarahkan untuk menghitung luas dan keliling “Jajar Genjang”, dan jika memilih 4 maka diarahkan untuk menghitung luas dan keliling lingkaran.




ALGORITMA  :

1)       MULAI
2)      OUTPUT  1.Persegi
3)      OUTPUT  2. Persegi Panjang
4)     OUTPUT  3. Jajar Genjang
5)      OUTPUT  4. Lingkaran
6)     INPUT PILIHAN
6.1 Pilihan 1, jika ya :
 -Input sisi
- Hitung luas dengan formula L = sisi x sisi =s2
- Hitung keliling dengan formula K = sisi + sisi + sisi + sisi = s4
- ke langah 7
6.1.2  jika tidak, lanjut ke pilihan “2”
6.2 Pilihan 2,
6.2.1 jika ya :
-  input panjang, lebar
- hitung luas dengan formula L = panjang x lebar
- hitung keliling dengan formula K = panjang + lebar + panjang + lebar
- ke langkah 7
6.2.2  jika tidak, lanjut ke pilihan “3”
6.3 Pilihan 3,
6.3.1 jika ya :
- input pajang,sisi,tinggi
- hitung luas dengan formula L = panjang x tinggi
- hitung keliling dengan formula K = panjang + sisi + panjang + sisi
- ke langkah 7
6.3.2  jika tidak, lanjut ke pilihan “4”
6.4 Pilihan 4
                        - phi 3,14
                        - input R
                        - hitung luas dengan formula L = phi x r x r
                        - hitung keliling dengan formula K = 2 x Phi x r
7) Cetak Luas dan Keliling
8)  FINISH















0 komentar "KONSEP DASAR ALGORITMA", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar